• NAMA SEKOLAH              :  SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN          :  Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER          :   XII/2

    STANDAR KOMPETENSI  :  Merencanakan dan Mengembangkan Proposal dan

                                            Penawaran Kegiatan

    KOMPETENSI DASAR       :


    1. Menginterpretasikan laporan kegiatan secara singkat
    2. Membuat proposal/usulan secara rinci.
    3. Mengembangkan materi penawaran

    MATERI PEMBELAJARAN :

    • Jenis-jenis komponen yang ada dalam proposal

    • Proses perencanaan pembuatan sebuah proposal

    • Pengklarifikasian masalah-masalah yang mungkin diperlukan pelanggan.

    • Rincian proposal secara aktual details.

    • Garis-garis besar tentang pentingnya berkonsultasi dengan pelanggan dan penyedia jasa lainnya.

    • Penjelasan tentang jenis penawaran dalam pembuatan laporan singkat

    Self enrolment
  • NAMA SEKOLAH              :  SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN           :  Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER           :  XII/2

    STANDAR KOMPETENSI   :  Membuat Stan Promosi

    KOMPETENSI DASAR       :

    1. Membuat Persiapan sebuah bahan pameran (display) tempat pemajangan (stand)
    2. Membuat  bahan/tempat pamer
    3. Memberikan layanan konsumen
    4. Tindak lanjut peluang penjualan

    MATERI PEMBELAJARAN

    • Tujuan pembuatan pameran

    • Teknik pembuatan stand pameran

    • Teknik pembuatan Stand Promosi

    • Prosedur keamanan tempat pameran

    • Teknik pemberian informasi kepada konsumen

    • Prosedur penyediaan bahan promosi

    • Pengenalan tentang tipe-tipe

      Konsumen
    • Teknik menindak lanjuti  kegiatan penjualan

    • Kemampuan untuk mengidentifikasi peluang penjualan

       

       

       

       

  • NAMA SEKOLAH           :  SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN        :  Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER        :  XII/2

    STANDAR KOMPETENSI :  Mengatur Kegiatan Acara

    KOMPETENSI DASAR    :

    1. Mengkoordi-nasi pembukuan acara (function)
    2. Menyiapkan kebutuhan pelanggan
    3. Mengatur Pelaksanaan Acara
    4. Memonitor dan meng-evaluasi acara
  • NAMA SEKOLAH           :  SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN         Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER           XI/1

    STANDAR KOMPETENSI :  Memproses dokumen perjalanan selain Dokumen

                                            Perjalanan Udara

    KOMPETENSI DASAR     :

    1. Menginterpreta-sikan informasi yang diperlukan dalam memproses dokumen
    2. Memproses dokumen
  • NAMA SEKOLAH            : SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN         :  Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER         :   XI/2

    STANDAR KOMPETENSI  : Menghitung harga dan menerbitkan tiket 

                                            penerbangan internasional harga promosi

    KOMPETENSI DASAR     :

    1. Interpretasi Informasi Tarif Promosi
    2. Menghitung tarif-tarif promosi
    3. Proses Dokumen  Tarif Promosi
  • NAMA SEKOLAH            :   SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN         :   Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER         :   XI/1

    STANDAR KOMPETENSI :   Menghitung harga dan menerbitkan tiket

                                             penerbangan nternasional

    KOMPETENSI DASAR     :

    1. Menginterpre-tasikan infor-masi tarif penerbangan internasional
    2. Menghitung tarif penerbangan normal internasional
    3. Memproses dokumen perjalanan udara internasional
  • NAMA SEKOLAH                :   SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN             :   Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER             :   XI/1

    STANDAR KOMPETENSI     :   Mengoperasikan sistem reservasi komputer   

                                                 (Galileo/Abacus) 

    KOMPETENSI DASAR         :   

    1.  Mengakses dan menggunakan Informasi Sistem Reservasi Komputer
    2. Membuka dan memproses reservasi melalui Computerized Reservation System  (CRS)
    3. Mengirim dan menerima komunikasi CRS
  • NAMA SEKOLAH                :  SMK Negeri 1 Pacitan

    MATA PELAJARAN             :  Kompetensi Kejuruan Usaha Jasa Pariwisata

    KELAS/SEMESTER             :  X/2

    STANDAR KOMPETENSI     :  Menyusun Laporan Keuangan

    KOMPETENSI DASAR         :

    1. Membuat Isi Jurnal

    2. Penyesuaian Rekening

  • STANDAR KOMPETENSI : Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan

    ALOKASI WAKTU : 16 Jam @. 45 Menit

     

    KOMPETENSI DASAR :

    1.      Berkomunikasi di tempat kerja:

    2.      Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan

    3.      Memelihara standar presentasi diri

    4.      Bekerja dalam satu tim

     

    INDIKATOR :

    1. Komunikasi dengan Pelanggan dan Kolega di laksanakan dengan terbuka dan professional
    2. Penggunaan Bahasa dan Nada yang benar
    3. Aktif mendengarkan dan bertanya untuk memastikan adanya komunikasi dua arah
    4. Potensi Sosial, Budaya dn konflik diidentifikasi denga tepat
    5. Peningkatan kwalitas pelayanan pada pelanggan dan kolega
    6. Memperhatikan kesehatan dan keselamatan ditempat kerja
    7. Kerjasama dalam tim diidentifikasi dengan benar
    8. Perbedaan budaya dan tanggung jawab dalam tim diidentifikasi

    A.    MATERI PEMBELAJARAN

    -          Komunikasi efektif (mendengarkan, merespon, berbicara dan berpikir efektif)

    -          Macam – macam Pelanggan, kebutuhan dan upaya melayani

    -          Standar penampilan personal (kebersihan, kesehatan, kerapihan dn keserasihan)

    -          Etika pergaulan

    -          Macam – macam karakteristik individu

    -          Macam – macam tim

  • STANDAR KOMPETENSI  :   Menghitung harga dan menerbitkan tiket penerbangan domestik

    KOMPETENSI DASAR :

    1. Menginterpretasikan informasi tiket penerbangan domestik

    2. Menghitung tarif penerbangan domestik dan rutenya
    3. Memproses dokumen perjalanan udara domestik

    MATERI PEMBELAJARAN :

    • Identifikasi Sumber-sumber informasi tarif penerbangan

      Interpretasi Informasi:

      -    Informasi jenis perusahaan

      -    Kode kota

      -    Kode penerbangan

      -    Informasi tarif

      -    Discount

      -    Pajak dari penerbangan domestik.

       

      Penggunaan informasi dan manual tarif penerbangan manual
    • Informasi Alternatif Tarif dan perusahaan penerbangan sesuai kebutuhan penumpang

       

      Penghitungan Tarif dan penyusunan jadwal  pernerbangan berdasarkan :

      -    Bentuk-bentuk perjalanan

      -    Cara membuat jadwal perjalanan.

      Cara meghitung tariff penerbangan domestic
    • Cara memproses dokumen udara domestik

       

      Cara menerbitkan tiket penerbangan domestik

Abaikan Navigation

Navigation

Back to Top