Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
(Guiding)

STANDAR KOMPETENSI : Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan

ALOKASI WAKTU : 16 Jam @. 45 Menit

 

KOMPETENSI DASAR :

1.      Berkomunikasi di tempat kerja:

2.      Menyediakan bantuan kepada pelanggan didalam dan diluar perusahaan

3.      Memelihara standar presentasi diri

4.      Bekerja dalam satu tim

 

INDIKATOR :

  1. Komunikasi dengan Pelanggan dan Kolega di laksanakan dengan terbuka dan professional
  2. Penggunaan Bahasa dan Nada yang benar
  3. Aktif mendengarkan dan bertanya untuk memastikan adanya komunikasi dua arah
  4. Potensi Sosial, Budaya dn konflik diidentifikasi denga tepat
  5. Peningkatan kwalitas pelayanan pada pelanggan dan kolega
  6. Memperhatikan kesehatan dan keselamatan ditempat kerja
  7. Kerjasama dalam tim diidentifikasi dengan benar
  8. Perbedaan budaya dan tanggung jawab dalam tim diidentifikasi

A.    MATERI PEMBELAJARAN

-          Komunikasi efektif (mendengarkan, merespon, berbicara dan berpikir efektif)

-          Macam – macam Pelanggan, kebutuhan dan upaya melayani

-          Standar penampilan personal (kebersihan, kesehatan, kerapihan dn keserasihan)

-          Etika pergaulan

-          Macam – macam karakteristik individu

-          Macam – macam tim


Back to Top