Menyimak untuk memahami secara kreatif teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana
(Memahami teks ilmiah sederhana)

PIDATO

Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak

Kerangka pidato:

1.Pembukaan :sapaan, salam,ucapan syukur, ucapan terima kasih, penegasan tema.

      Etika menyapa adalah dari jabatan tertinggi ke terendah.

      Salam dan ucapan syukur disesuaikan dengan situasi.

2. ISI: latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian hakikat masalah, sebab-akibat, serta gagasan-gagasan untuk menyelesaikan masalah.

3. PENUTUP: simpulan, ajakan, harapan, ucapan terima kasih, permintaan maaf, salam penutup.

KHOTBAH

Khotbah juga termasuk jenis pidato. Khotbah lazimnya dipakai untuk pidato-pidato yang berisi penyampaian ajaran agama. Khotbah ditandai oleh penggunaan istilah-istilah atau ungkapan khas keagamaan tertentu, dan hampir bisa dipastikan bahwa dalam khotbah dikutip ayat-ayat dari kitab suci baik dalam bentuk asli maupun terjemahannya.

SAMBUTAN

Sambutan juga termasuk salah satu jenis pidato. Sambutan diberikan oleh orang-orang tertentu karena jabatan atau kedudukannya. Hal-hal yang lazim disampaikan dalam sambutan antara lain:

1.Pembuka (sapaan, salam, permintaan izin kepada hadirin, ucapan syukur, ucapan terima kasih)

2. Ungkapan rasa (bangga, senang, haru, hormat, dll.)

3. Dukungan moral terhadap suatu acara/kegiatan yang disambut.

4. Ajakan-ajakan

5. Penutup (permohonan maaf, ucapan terima kasih, salam penutup)

Kalau kita mewakili seseorang atau atasan untuk memberikan sambutan, hendaknya secara basa-basi kita meminta izin kepada hadirin. Misalnya sebagai berikut:

1.Hadirin yang saya hormati, izinkanlah saya mewakili… untuk …. karena ….
2.Hadirin yang terhormat, karena …, izinkanlah saya mewakili … untuk  …
REKLAME DAN IKLAN

Reklame dan iklan pada dasarnya sama.

1.Reklame  berasal dari bahasa latin yang artinya “berulang-ulang”. Reklame adalah seruan berulang-ulang yang menarik perhatian dan mempengaruhi orang. Reklame juga juga berarti pemberitahuan kepada publik tentang suatu produk baik barang maupun jasa supaya laku.  

2.Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa atau di tempat umum.

PERBEDAAN REKLAME DENGAN IKLAN

REKLAME

•Kalimatnya singkat, tulisan dan gambar mencolok.
•Media yang dipakai berupa papan reklame, poster, soanduk, baliho, yang dipasang di tempat terbuka.

IKLAN

•Kalimatnya bisa panjang, bahkan dapat berupa artikel.
•Media yang dipakai bisa media cetak atau media elektronik.
MACAM-MACAM IKLAN
•IKLAN PENGUMUMAN
•IKLAN UNDANGAN
•IKLAN KELUARGA
•IKLAN PENAWARAN
•IKLAN PERMINTAAN
•IKLAN LARANGAN/PERINGATAN
•IKLAN PROPAGANDA/PROMOSI, dll.
PENYUSUNAN KALIMAT IKLAN
•Mengetahui siapa sasarannya dan bagaimana seleranya.
•Mengetahui seluk-beluk produk dengan segala keunggulan yang akan ditonjolkan.
•Meski memuji, iklan tetap harus jujur, objektif, dan jelas/komunikatif.
SENI BAHASA DALAM IKLAN

Salah satu upaya agar iklan lebih menarik adalah dengan memanfaatkan unsur seni bahasa. Iklan perlu disusun dengan:

1.Kalimat-kalimat puitis (berima, berirama).
2.Kalimat-kalimat bermajas, seperti:

      metaforis (perbandingan lagsung)

      hiperbolis (membesar-besarkan)

      repetitif (pengulangan-pengulangan)

      kontradiksio interminis (pertentangan dengan pengecualian)

      retoris, dsb.


Back to Top